Training Mekatronika

By | February 13, 2015

TRAINING MEKATRONIKA

Deskripsi

Tidak semua hal bisa dilakukan manusia dengan nilai yang efektif, efisien, dan aman. Oleh karena itu, penggunaan dan penguasaan bidang robotika adalah sebuah keniscayaan. Perkembangan industri (industri otomotif, industri farmasi, industri permesinan untuk proses otomasi, atau industri-industri yang menghendaki tenaga perawatan alat-alat produksinya atau bahkan industri jasa/servis peralatan mekanis/otomatis) menuntut tersedianya sumber daya manusia yang menguasai teknologi otomatisasi alias robot. Mobil ada mekanik, pesawat, kipas angin, AC, dsb., semua ada kemampuan otomatisnya. Teknologi tersebut merupakan pengembangan teknologi yang terintegrasi meliputi Medical Technology, CNC Technology dan Renewable Energy yaitu yang disebut dengan Teknik Mekatronika. Mekatronika, singkatan dari mekanik dan elektronika, suatu bidang khusus yang membahas mengenai otomasi, kini kian dibutuhkan. Namun dalam perkembangannya mempunyai cakupan yang lebih luas yaitu, suatu bidang yang mengintegrasikan teknik mesin, elektronika, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, komunikasi, ilmu bahan, mikroelektronika, juga kecerdasan buatan. Untuk mendukung sistem produksi yang memadai diperlukan tenaga kerja yang handal atau peningkatan keahlian tenaga kerja profesi Mekatronika yang meliputi aspek mekanik, elektronik, sistem kendali, dan komputer serta bagaimana cara merancang sistem mekatronika.(cg)

Tujuan

  1. Pemahaman tentang prinsip kerja dari beberapa aktuator mekanik dan elektrik (silinder pneumatik, silinder hidrolik, motor steper dan solenoid), prinsip pengontrolan secara mekanik, elektrik, dan programmable, pemrograman dan kontrol otomatis dengan menggunakan PLC.
  2. Keahlian dalam melakukan indiviual test, troubleshooting dan commissioning dari sistem kontrol otomatis.

Materi

  1. Struktur dari Sistem

Pengertian mekatronika, struktur hardware dari sistem, kontrol desentral (4 PLC), sistem komunikasi (I/O-comm), penjelasan tentang fungsi dari modul, penjelasan tentang aliran material.

  1. Teat Individu dan Comissioning

Pengertian komisioning, penyetelan reed switch dan sensor, penyetelan elemen mekanik, penyetelan aktuator pneumatik, deskripsi dari hubungan kabel, pelepasan hubungan kabel pada modul PLC, komisioning dari sistem.

  1. Pemograman
  • Dasar elektronika digital (Gerbang AND, OR, NOT, XOR, NOR, NAND dan R-S Flip-Flop)
  • Fungsi dari katup pneumatik
  • Pemrograman dengan bahasa function block diagram (FBD), statement list (STL), dan ladder diagram
  1. Struktur PLC

Struktur dari PLC, kegunaan CP-342-5 (WINCC-network), data teknis dari PLC S7 CPU 314 IFM, definisi hardware (with STEP 7)

  1. Struktur Program
  • Penjelasan tentang organization block (OB), dan function (FC)
  • Pemrograman OB dan FC, test program pada module

Metode

  1. Pre Test
  2. Presentasi
  3. Diskusi
  4. Studi kasus
  5. Praktek
  6. Post Test
  7. Evaluasi

Peserta

Para praktisi tingkat operator, tingkat penyelia atau perencana bidang otomatisasi industri pada industri manufaktur dan industri minyak

Instructor

Mifhtakhul Hudha, ST, M.Eng, and Team ( CV Terlampir )

Waktu dan Tempat

Tanggal : 24-27 maret 2015

Tempat : Hotel Aston Yogyakarta

Waktu : 08.00 sd 16.00 Wib

Facilities

  • Souvenir
  • Module Hardcopy & Softcopy
  • Certified Centra Gama Indovisi
  • Training kit
  • 2x Coffee Break and lunch
  • Pickup Services

Course Fee

Rp. 6.500.000 / participant (non residential), minimal 3 peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *