Profil Usaha Perhotelan Kondetel dan Apartemen

By | October 9, 2014

Profil Usaha Perhotelan Kondotel dan Apartemen

Deskripsi

Industri perbankan sebagai sebuah institusi keuangan memegang peranan yang sangat strategis dalam aktifitas ekonomi suatu negara. Dalam kaitannya dengan fungsi perbankan seperti pendanaan, maka profil bisnis pada suatu jenis usaha tertentu sangat penting untuk diketahui karena pemahaman terhadap bisnis secara umum sangat berperan penting dalam menilai kelayakan usaha. Profil bisnis dari masing-masing jenis usaha sangat spesifik, bahkan jenis usaha sama namun dikelola dengan manajemen yang berbeda akan memperoleh hasil yang berbeda. Bagi seorang Account Officer pada perusahaan perbankan, pemahaman atas profil bisnis debitur sangat penting dalam kaitannya dengan tugas dan fungsingya.

Prospek perhotelan sendiri, pada 2014 diperkirakan masih cerah bahkan cukup prospektus. Pertumbuhan proyek hotel baru juga bergerak positif. Para operator pelaksana perhotelan baik lokal maupun asing seperti Australia, Prancis dan Belanda masih terus mengembangkan investasinya di Indonesia. Agenda politik 2014 seperti pemilu legislatif dan pemilu presiden, justru ditengarai akan meningkatkan tingkat penghunian kamar (TPK) atau okupansi hotel. Kunjungan wisata juga masih menjadi faktor penyetabil okupansi terutama pada hotel-hotel daerah dengan potensi wisata. Belum lagi pertumbuhan sektor industri yang berimbas pada tingginya mobilitas para pebisnis untuk melaksanan perjalanan dinas ke berbagai daerah. Dari sektor meetings, incentives, conferences, and exhibitions (MICE) juga tetap bergerak positif dengan banyaknya penyedia jasa MICE yang memanfaatkan fasilitas hotel sebagai venue kegiatannya. Hal itu dipastikan menjadi faktor peningkat atau penyetabil okupansi.

Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai salah satu bank pemerintah terbesar di Indonesia saat ini, memiliki peluang yang sangat terbuka untuk menggarap pasar pembiayaan yang memiliki potensi cukup tinggi. Dalam hal ini adalah pembiayaan hotel, kondotel dan apartemen. Untuk membantu meningkatkan kualitas analisis kredit terhadap pembiayaan potensi bisnis tersebut, maka perlu diselenggarakan Pelatihan Profil Bisnis hotel, kondotel dan apartemen secara komprehensif. Seorang Analis Kredit harus mampu memahami bagaimana operasional usaha tersebut dijalankan, melihat titik-titik risiko yang ada.(ci)

Tujuan

Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Pejabat dan Staf Kantor Pusat BRI dalam menganalisis dan menangani proses pemberian fasilitas pembiayaan melalui pola kerjasama dengan perusahaan pembiayaan dari segi :

  1. Pemahaman kebijakan pemerintah yang terkait dengan penyelenggaran usaha perhotelan di wilayah Indonesia
  2. Prospek, kendala dan mitigasi risiko proses bisnis internal perusahaan pembiayaan
  3. Ketentuan yang mengatur perusahaan pembiayaan
  4. Strategi pendanaan dan pembiayaan dalam bisnis perhotelan

Materi

  1. Aspek bisnis hotel, kondotel dan apartemen
  • Valuasi nilai bangunan hotel, kondotel dan apartemen
  1. Prospek pembiayaan perbankan
  • Bedah Feasibility study (titik kritis, kewajaran, kelayakan investasi) termasuk pembahasan biaya komponen investasi (misal biaya konstruksi per m2) dan standar biaya masing-masing hotel bintang
  • Prospek dan pasar bisnis hotel, kondotel dan apartemen (supply and demand) spesifik per daerah di Indonesia.
  1. Overview bisnis hotel
  • Kebijakan pemerintah
  • Potensi umum di Indonesia terkait dengan bisnis hotel, kondotel dan apartemen
  1. Teknis Perhotelan
  • Perijinan operasional dan aspek hukum terkait bisnis hotel, kondotel dan apartemen
  • Struktur sipil bangunan dan tekhnologi hotel, kondotel dan apartemen
  • Kerjasama operator hotel dan contoh di Indonesia
  • Klasifikasi bisnis hotel, kondotel dan apartemen dan kualifikasi bangunan/fasilitas yang harus tersedia.
  • Operasional hotel (manajemen hotel)

Instruktur

Drs. Soekiman Surip

(Management and Hotel Consultant)

Curriculum Vitae singkat:

Lahir di pemalang, 9 November 1950. Menyelesaikan pendidikan pada program pariwisata STIEPARI Semarang. Memulai karier di Hotel Patra Jasa selama hampir kurang lebih 30 tahun dengan jabatan terakhir sebagai Senior Manager Business Development. Pada tahun 2003 menjadi kontak person dari Patra Group untuk pertemuan yang diadakan oleh Megawati Soekarnoputri (Presiden RI saat itu) dengan George W Bush (Presiden Amerika Serikat). Selanjutnya bergabung dengan Borgata Hotel & Colony Capital Hotel Grup USA dengan jabatan Quality Assurance Senior Officer. Pendidikan perhotelan pernah diikuti diluar negeri antara lain Front Office Procedure (AHMA USA, 1985), Hotel & Tourism Management (IMI Lucerne Switzerland,1991); Hotel Management Diploma (AHMA USA, 1995); Professional Development Program (SHA Cornell University USA,1996), General Manager Program (SHA Cornell University USA, 1996). Disamping itu, pelatihan / seminar / sales trip / business trip yang pernah diikuti diluar negeri antara lain WTM (London), ITB (Berlin), ATF/PATA (Beijing, Manila, Bangkok, Singapura), Australia, Eropa, Amerika Utara dan Asia Pasifik; Planning & Internal Control Manager PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (Semarang), Direktur Utama Casa Bella (Semarang), Direktur PT Batavia Cipta Graha (Jakarta).

Peserta

Kegiatan pelatihan ini ditujukan bagi para Pejabat dan staf Kantor Pusat BRI terutama dari divisi Corporate Business Development, staf Analis Kelayakan usaha atau fungsi lain yang terkait dengan pembiayaan dan kredit usaha.

Metode

  1. Presentation
  2. Discussion
  3. Case Study
  4. Evaluation
  5. Pre-Test & Post-Test

Fasilitas

  1. Training Module
  2. Certificate
  3. Jacket or Batik
  4. Qualified Bag
  5. Training Photo
  6. Training room with full AC facilities and multimedia
  7. Once lunch and twice coffee break every day of training
  8. Qualified Instructor

Waktu dan Tempat

14 s.d 16 Oktober 2014

Hotel Ibis Kuta, Bali

Pukul 08.00 – 16.00 WIB

Request for Training Venue:

Yogyakarta, Semarang, Solo, Bandung, Jakarta, Balikpapan, Lombok, Batam dll

In House Training Depend on request

Investasi

SPECIAL PRICE :

Rp. 6.500.000,-/participant

(non residential) Min. kirim 4 peserta

Rp. 7.500.000,-/participant

(non residential) Min. kirim 3 peserta

  1. FORMULIR PENDAFTARAN TRAINING
  2. Wajib diisi
  3. Jenis Pendaftaran Training
  4. PERSONAL DATA
  5. Wajib diisi
  6. Wajib diisi
  7. Wajib diisi
  8. Wajib diisi
  9. Sertakan Email yang Valid
  10. Wajib diisi
  11. PRE REGISTRATION DATA (Tidak Mengikat)
  12. Wajib diisi
  13. Pembayaran
  14. Pesan untuk Penyelenggara Training
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *